Pojok Dapur


Tentang masakan pastinya aku yang masak, diuji plus dicoba di pojok dapur tempat nangkringnya si kompor huehuehue...

Minggu, 18 Mei 2014

RESEP MAYONNAISE ANTI GAGAL


Bismillahirahmanirahim...

Posting perdana di blog masak, perdana dengan modal aplikasi hape hehe... *maksa banget* hokeh untuk posting perdana ini aku ingin membagikan resep mayonais anti gagal, kenapa anti gagal yah, kerana ini aku bikin untuk ke empat kalinya! Iya benar ke empat! Untuk yang tinggal di kampung dan gak pernah ke kota mungkin mayonais gak begitu familiar tapi yang tinggal di kota apalagi di luarnegeri mayonais adalah makanan sehari-hari yang biasa buat bikin sandwich, salad atau sekedar dibuat saus.

Hokeh sudah lama sekali aku pengen bikin mayonais ini, kenapa gak beli aja yah, kendala pertama kalau mau beli harus ke super market yang lumayan jauh, ke dua pastinya lebih sehat, ke tiga aku sudah gak penasaran bisa bikin mayonais walau ada dua versi dan baru ini yang aku coba ke empat, pastinya lebih hemat, lebih sehat sebab tanpa bahan pengawet dan kelimanya aku suka mencoba sesuatu yang baru :D Berani disumpah resep orisinil by me walaupun dari resensi banyak blog, dari blognya Mbak Endang dan blog berbahasa inggris juga dari kegagalan sebelumnya. Pengen juga sih menulis gimana bisa gagal, soalnya seruuu banget hehe... mungkin entar secara otomatis, sekarang nulis resepnya dulu. 


 MAYONAIS 

 Resep by Aulia Z
 -2 kuning telur 
-1 sdm cuka masak
-100 ml minyak goreng kualitas bagus.
-1 sdm air jeruk nipis
-1/4 sdt garam (tergantung selera) 
-1/2 sdt gula pasir (tergantung selera) 

Cara membuat: 
1- kocok kuning telur, bisa dengan garpu, wish, atau dengan mixer, asal bukan blender yah, atau ada yg mau mencoba silahkan, semoga gak gatot seperti saya :D 
2- Masukan garam, kocok sampai tercampur rata, masukan gula, kocok lagi hingga tercampur rata, masukan cuka, kocok lagi, masukan air jeruk kocok lagi. Di sini sangat dianjurkan tercampur rata hingga benar2 menyatu dengan telur. 
3- Masukan minyak sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok. Caranya tuang minyak ke dalam mangkuk dan ambil pakai sendok ketika menuangkan ke dalam telur sambil terus dikocok. Lakukan hingga minyak habis. 
4- Mayonais siap disantap dan harus segera masuk kulkas kalau tidak dipakai. Mayonais bisa ditambahkan rasa sesuai selera.

4 komentar:

  1. mbak ini mayonaise nya gk pke mustrad ya mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak mbak, tp tatap enak, rasanya kayak yg dijual di luarnegeri

      Hapus
  2. Terima kasih mbak , mau q coba, smga berhasil.

    BalasHapus
  3. Kalau disuhu ruang mayones nya tahan berapa lama ya mbak

    BalasHapus